☆★ MAAF tampilan blog amburadul, ENTRI HANYA TAMPIL SEDIKIT BLOG LAGI ERORR :( UNTUK MELIHAT ENTRI/ARTIKEL LAINNYA SILAHKAN LIHAT DI BLOG ARCHIVE (bawah kanan) :( ☆★

Friday, September 28, 2012

RESENSI BUKU: DI ATAS SAJADAH CINTA


Vikri Firmansyah/ 37/ XII~Bahasa


Nama buku     :  Di Atas Sajadah Cinta
Pengarang       :  Habiburrahman El Shirazy
Penerbit           :  Republika , Pesantren Basmala, MD Entertainment
Tahun terbit     :  2006
Tebal               :  20,5 cm x 13,5 cm atau 265 halaman

            Habiburrahman El Shirazy atau yg mempunyai nama pena ‘Kang Abik’ adalah seorang novelis yg  lahir di Semarang 30 September 1976 . Kang Abik adalah Novelis No. 1 Indonesia (dinobatkan oleh UNDIP). Selain novelis, sarjana Universitas Al-Azhar ini juga dikenal sebagai sutradara, dai, dan penyair. Diantara karyanya yang telah beredar adalah Ayat-Ayat Cinta, Di Atas Sajadah Cinta, Ketika Cinta Bertasbih dan segelintir film lainnya.

`           Pada Mei 2006 Kang Abik meluncurkan Buku yg berjudul ‘Di Atas Sajadah Cinta’ . Buku Di Atas Sajadah Cinta adalah antologi  atau himpunan cerpen dan kisah cinta yang mana memuat 38 cerita  seperti teladan islami yang terinspirasi dari kisah-kisah nyata Rasulullah saw dan kisah nyata sahabat-sahabat Habiburrahman El Shirazy sendiri.

Dalam buku ini Kang Abik menampilkan berbagai macam cerita teladan islami yang bernapaskan Islam. Ceritanya bervariasi yang menampilkan tema yang cenderung mengangkat ruang- cinta ikhlas atas ridha Allah, sesuai dengan konsep dan prinsip Islam.

Seperti kisah dalam cerpen yang berjudul Di Atas Sajadah Cinta, yang diangkat sebagai judul & pembuka buka ini. Mengisahkan tentang Zahid & Afirah yg saling mecintai karena Allah ..Namun seperti petir di siang bolong, kata ”penolakan” dilontarkan orang tua Afirah saat  Zahid melamarnya. Ternyata Afirah telah dijodohkan terlebih dahulu oleh pemuda kaya raya namun tak berakhlak yg  bernama Yasir. Berkat kesabaran & keteguhan untuk selalu bertasbih kepada Allah, keduanya dipertemukan kembali dalam samudra cinta Allah.

            Kisah lain yg tak kalah menariknya, seperti cerpen yg berjudul ‘Buah Cinta Berasas Takwa’ . Dengan paparan cerita yg beralur flash back, mengkisahkan tentang seorang budak yg bernama Mubarak,  ia memiliki budi pekerti & kejujuran yg luar biasa. Berkat kejujurannya ia dnikahkankan dengan putri sang pemilik kebun. Bagaimana kisah tentang seorang anak tidak dapat mengucapkan kalimat syahadat menjelang ajal menjempun karena durhaka kepada orang tuanya, kisah ini ada di dalam cerpen yg berjudul “Surga di Telapak Kaki Ibu” .Tema lain yg juga menonjol  yg dihadirkan Kang Abik adalah tentang kisah teladan Rasalullah. Misalnya mukjizat Rasulullah dalam cerpen “Mukjizat Baginda Nabi” dan “Pecinta Dunia di Zaman Nabi”

            Buku ini mengangkat tentang kisah Islami yg dapat dijadikan cermin & motivasi. Dalam bentuk bahasanya komunikatif & pemaparanya mudah dipahami.

            Namun sangat disayangkan karena disisi lain dari segi tulisannya masih ada kata-kata atau huruf yg salah ketik, sehingga membuat pembaca menjadi sedikit bingung dan ada beberapa cerita yg kurang relevan, dimana untuk meraih sebuah kesuksessan yg dibutuhkan tidak hanya berdoa & pasrah saja.

RANDOM POST

PASANG IKLAN

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...